KOPI LM JANGKAT TERNYATA PUNYA BARISTA CILIK

Kopi LM Jangkat Ternyata Punya Barista Cilik

Kopi LM Jangkat ternyata memiliki keunikan tersendiri. Bak pepatah mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Putra cilik dari seorang pengusaha kopi LM Jangkat yang tinggal di desa Muara Madras Kecamatan jangkat Kabupaten Merangin Jambi, yang kerap di panggil dengan nama Azhad ini adalah putra dari Bapak Zuriyan Hadi seorang Pengusaha Kopi Robusta Merangin. Azhad yang memiliki nama lengkap Azhad Fathul Hadi saat ini baru menginjak usia 5 tahun dengan kelahiran Januari 2016, dan pada usia tersebut, ia sudah  sering dibawa dan mengikuti sang ayah, sehingga Azhad banyak mengerti tentang kopi.  

Yang menjadi satu keunikan adalah walaupun ayahnya seorang pengusaha kopi, namun dalam kesehariannya malah si Azhad inilah yang lebih pengopi (pecinta kopi) dibandingkan ayahnya, tutur Zurian Hadi.

Pada saat ditemui di Pusat Produksi Kopi LM Jangkat, Azhad dengan senang hati menunjukkan kemahirannya melakukan brewing kopi Fine Robusta Merangin dengan proses Fullwash dengan metode Japanesse Pour Over menggunakan alat dripper V60, dengan menggunakan 15 Gram roast bean dan grind size Medium to Coarse, Azhad melakukannya dengan serius tetapi sangat jenaka. Kemudian Azhad memanaskan air yang dipersiapkan untuk menyeduh kopi sampai air tersebut bersuhu 92 derajat celcius, setelah itu Azhad mempersiapkan  server dan dripper V60 dengan terlebih dahulu membasahi filter V60. 

Hasil dari seduhan kopi dengan hati oleh sang barista cilik tersebut, kemudian dihidangkan kepada kami untuk mencicipinya, dan ternyata hasil seduhan Azhad sangatlah memuaskan karena dapat memperkuat cita rasa yang khas dari kopi robusta Merangin.

Ketika di tanyakan apa cita-cita Azhad pada saat dewasa nanti, Azhad menjawab ia punya cita-cita menjadi seorang barista handal nantinya setelah remaja dan dewasa. Azhad ingin memajukan perekonomian masyarakat Jangkat, yang mana sejak nenek moyangnya sudah menjadi petani kopi,  dan jawaban Azhad ini membuat terkesima kami dan orang tuanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *